TUGAS
TEORI ORGANISASI UMUM
Ciri-ciri dan Unsur Teori Organisasi
A. Ciri-ciri Organisasi
Organisasi di dunia ini
sangat banyak terutama di Indonesia, berbagai organisasi pun ada. Dari tingkat
yang paling rendah hingga tingkat yang paling atas, dari tingkat keluarga,
tingkat perumahan (RT/RW), tingkat sekolah, kuliah, pemerintah, bahkan
kemanusiaan dan kemasyarakatan pun ada. Jenisnya pun bermacam-macam dan
mempunyai tujuan yang berbeda pula. Dalam hal ini akan membahas tentang
ciri-ciri organisasi, unsur organisasi serta teori organisasi itu sendiri.
Ciri-Ciri
Organisasi
Organisasi selain mempunyai mempunyai tujuan, ia
juga mempunyai ciri-ciri yang ikut membsantu dalam mensukseskan tujuannya.
*Ciri-ciri
organisasi secara umum adalah sebagai berikut ini :
– Mempunyai tujuan & sasaran
– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang
harus ditaati
– Adanya kerja sama dari sekelompok orang
– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur
dari sekelompok orang)
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang
harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi
tugas-tugas
*Ciri-ciri organisasi modern adalah sebagai berikut
ini :
- Organisasi bertambah besar
- Pengolahan data semakin cepat
- Penggunaan staff lebih intensif
- Kecendrungan spesialisasi
- Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
- Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
B.
UNSUR ORGANISASI
Unsur Organisasi
Unsur-unsur dalam organisasi yaitu :
1. Manusia (man)
Dalam
keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang
terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsi dan
tingkatannyaterdiri dari pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan
tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja
yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
2. Kerjasama (team work)
Suatu
kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota oeganisasi yang dilakukan bersama-sama
untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi
menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
3. Tujuan bersama
Merupakan
arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang
diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi
harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai
dengan keinginan bersama.
4. Peralatan (equipment)
Segala
sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah
dan barang modal lainnya.
5. Lingkungan (environtment)
Berikut
ini yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
a) Kondisi atau situasi yang secara langsung atau
tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi
sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya.
b) Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana
transportasi dan komunikasi.
c) Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan
organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu wilayah
kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau
kekuasaan.
6. Kekayaan alam
Kekayaan
alam yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
7. Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri.
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur
yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.
Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
• Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
• Ada tujuan tertentu
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.
Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
• Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
• Ada tujuan tertentu
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
DAFTAR
PUSTAKA
http://fachrialwinttgrf.blogspot.com/2012/11/teori-organisasi-umum-1-ciri-ciri-unsur.html
http://evisetianingsihpraptono.blogspot.com/2012/10/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi.html
http://nandaeka92.blogspot.com/2012/07/ciri-ciri-organisasi-unsur-organisasi.html
ftp.gunadarma.ac.id
http://nggalicious.blogspot.com/2012/10/ciri-ciri-unsur-teori-organisasi.html
http://evulee.wordpress.com/2010/10/12/teori-organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar